TEMA : PENGARUH BIAYA PROMOSI
LATAR BELAKANG MASALAH
Perubahan sosial ekonomi di indonesia sekarang ini membuahkan tantangan baru yang tidak bisa dihindari oleh perusahaan-perusahaan industry pada umumnya. Pada saat yang sama suatu perusahaan harus memuaskan keinginan konsumen sekaligus harus menghaslkan laba bagi perusahaan.Hal tersebut mendorong timbulnya persaingan antara perusahaan terutama yang bergerak pada bidang sama.
Produk terbaik untuk memenuhi selera dan kepuasan konsumen seringkali mengalami kegagalan dalam mencapai suatu target perusahan karena tidak dapat menciptakan suatu produk sesuai dengan selera konsumen Atau juga pentingnya kegiatan pemasaran yang baik,sangat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya.Dimana dalam mengadakan pendekatan ke konsumen.perusahanan harus mampu mengikuti perkembangan selera konsumen yang selalu berubah dan mengikuti kemajuan teknologi.
Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan pemasaran yang efektif dan kontinyu dalam menyampaikan produk perusahan pada konsumen.sebagian orang beranggapan bahwa pemasaran sebagai suatu kegiatan periklanan dan penjualan. Dengan demikian hanyalah dianggap sebagai bagian dari penjualan produk jadi dan nantinya akan siap untuk dilempar kepasaran
Dalam bauran pemasran dikenal dengan produk,harga promosi dan distribus yang tujuanya meningkatkan penjualan dengan melakukan biaya peromosi
3 jurnal yang menjadi sumber review antara lain :
1.Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap penjualan pada PT.INDOFOOD SuKSES MAKMUR
2.Pengaruh biaya periklanan dan biaya peromosi penjualan terhadap volume penjualan pada perusahaan rokok HF.Prima Malang
3.Pengaruh biaya promosi dan biaya pengembangan Tenaga Kerja terhadap volume penjualan pada Pt.Air Mancur – Karanganyar
Penjabaran dari 3 jurnal sumber sebagai berikut :
1.Dunia Usaha,baik produksi maupun jasa selalu dihadapkan dengan persaingan.Untuk mengatasi oersaingan dibutukan strategi dengan cepat,tepat,cermat dan memuaskan tangan konsumen.strategi pemasaran juga disesuaikan dengan kemampuan dana perusahaan memlalui bauran pemasaran yaitu factor produk, harga,distribusi dan promosi.Kegiatan pemasaran harus dilakukan sesuai dengan tujuan prusahaan memperoleh keuntungan yaitu dengan mengadakan kegiatan promosi yang terarah ,terencana dan terpadu.kegiatan promosi harus sejalan dengan rencana pemasaran yang diarahkan dan dikendalikan untuk mengembangkan laju perusahaan.Promosi yang tidak terkendali akan menurunkan tingkat penjualan,sehingga biaya yang dikeluarkan untuk promosi merupakn pemborosan.saluran distribusi memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup dan tumbuh perushaan.perusahaan yang dijadikan kasus penelitian ini yaitu PT.Indofoof sukses Makmur,Tbk.Produk-produk Indofood dinikmati setiap hari pada setiap siklus kehidupan seperti makanan untuk anak-anak, makanan untuk masa pertumbuhan di usia sekolah hingga masa remaja dan menginjak usia dewasa serta makanan keceriaan dalam kehidupan.
2.Kegiatan pemasaran disini dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan dan menjelaskan keunggulan dari suatu produk yang ditawarkan. Dimana didalam kegiatan pemasran itu sendiri terdapat beberapa komponen atau variable yang merupakan inti dari kegiatan pemasaran yaitu teridir dari produk(product),harga(price),tempat atau saluran distribusi(place),dan promosi(promotion).Diaman variable-variabel tersebut saling menunjang dan berkaitan antara satu dengan lainnya.Perusahan Rokok HF.Prima Malang sebagai salah satu perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk barang berupa rokok.Didalam usahanya menghasilan barang dalam bentuk rokok, fungsi promosi memegang peranan yang sanag penting karena mempunyai tujuan menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk,serta mengingatkan konsumen saran tentang perusahaan.
3.Dunia usaha sekarang ini mengalami perkembangan yang begitu pesat karena persaingan usaha yang semakin kompetitif.untuk mengatasi hal ini sebuah perusahaan dituntut lebih kompetitif untuk menjaga kelangsungan usahanya.salah satu factor yang mempengaruhi kelangsungan suatu perusahaan adalah promosi dan tenaga kerja, Promosi yang lebih intensif dan di imbangi tenaga kerja ang berkualitas akan lebih meningkatkan hasil penjualan perusahaan.Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu program pemasaran.kegiatan promosi dalam suatu perusahaan sangat diperlukan sekali untuk mengenalkan produk kepada masyarakat,sehingga akan lebih tertarik untuk membeli produk dari perusahaan.
Penelitian sebelumnya:
1.Menurut (kotler, 2006)Saluran distribusi setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan lepas dari masalah penyaluran barang yang dihasilkan atau barang yang akan dijual ke konsumen.Para perodusen berhak menentukan kebijakan dengan jenis barang serta luasnya armada penjualan yang akan igunakan.jika perusahaan berada dalam persaingan yang semakin tajam, perusahaan harus segera mengadakan penelitian terhadap pasarnya.penelitian tersebut untuk mengetahui kebutuhan serta selera konsumen dan jika mungkin menstimulir permintaan serta menciptakan langganan.
2.Menurut (Mulyadi,1999) Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu”.
3.Menurut (Swastha,2001) yang dimkasud dengan kegiatan periklanan adalaha bentuk presentasi dan promosi non probadi tentang ide,barangdan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.dan yang dimaksud promosi penjualan.
Menurut(Fandi Tjiptono,2008) suatu bentuk komunikasi pemasran yang berusaha menyebarkan informasi,mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar agar bersedia membeli atau menerima produknya.suatu kegiatan promosi sangat penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan apabila ingin meningkatkan hasil penjualan. Semua itu didukung dengan bagaimana sebuah perusahaan
Motivasi penelitian:
1.Agar mengetahui berpa pentingnya suatu promosi,dan biaya yang dikeluarka untuk sebuah promosi.agar mendapatkan suatu keuntugan dari suatu promosi
Masalah
1.menganalisis masalah dengan cara mendiskripsikannya melalui tabel,grafik dengan menggunakan software SPSS dan analisis kuantitatif,yaitu menganalisis msalah dengan menggunakan teknik-teknik kuantitatif sebagai berikut:analisis regresi dan koelasi berganda
2.Bagaimana mengkomunikasikan dan menyalurkan produk perusahaan dengan baik kepada konsumen sasarannya merupaka msalah yang sering dihadapai oleh sebagian industry
3.Pengaruh antara biaya promosi terhadap volume penjualan,pengaruh antara biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan,pengaruh antara biaya promosi dan biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan..
Tujuan penelitian
1.melihat perkembangan biaya distribusi yang mengalami kenaikan atau penurunan melalui data tabel
2.Penerapan pangsa pasar yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan
3.Manfaat teoritis,dari hasil penelitian yg diharapkan dapat dipakai sebagai masukan bagi perkembangan ilmu ekonomi pada umumnya ilmu manajemen
Metode Penelitian
1.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui situs internet yaitu www.jsx.co.id atau mencari dengan situs dari PT. Indofood Sukses Makmur pada periode 1999-2006.Analisis data yang digunakan ,yaitu menganalisis masalah dengan cara mendiskripsikannya software SPSS dan analisis kuantitatif ,yaitu menganalisis masalah dengan menggunakan teknik-teknik kuantitatif sebagai beriut analisis regresi dan korelasi berganda
2.Metode Penelitian data yang digunakan dengan melakukan kegiatan pemasaran untuk memperkenalkan dan menjelaskan keunggulan dari suatu produk yang ditawarkan.dimana didalam kegiatan pemasaran itu sendiri terdapat beberpa komponen atau variabel yang merupkan inti dari kegiatan pemasaran yaiut dari produk (product),harga(price) dan saluran distribusi(place) dan promosi(promotion)sehingga pengumpulan data didapat langsung dari konsumen untuk mengetahui banyaknya penggemar produk yang dipasarkan sehingga dapat menganalisis peredaran barang di pasaran.
3. Pengaruh antara biaya promosi terhadap volume penjualan,pengaruh antara biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan,pengaruh antara biaya promosi dan biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan
Hipotesis:
1.HO:tidak ada hubungan antara biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan
HA: Terdapat hubungan antara biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan level of signifikansi sebesar 5% atau 0.05 dengan kententuan bahwa,bila diperoleh t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak dan HA diterima artinya terdapat hubungan dan pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi penjualan,sebaliknya bila diperoleh hasil t-hitung
2. perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk barang berupa rokok.Didalam usahanya menghasilan barang dalam bentuk rokok, yang memegang peranan penting karena mempunyai tujuan menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk,serta mengingatkan konsumen agar produk yang dipasarkan laku di pasran melalui promosi sehingga dapat diterima dan dikenal oleh konsumen
3. Promosi yang lebih intensif dan di imbangi tenaga kerja ang berkualitas akan lebih meningkatkan hasil penjualan perusahaan yang maksimum.
Hasil Dan Analisis
1.Perkembangan biaya distribusi yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun kecuali pada tahun 2002 yang mengalami penurunan sebesar Rp 31 milyar.kenaikan maupun penurunan juga mengalami fluktuasi,misalnya pada tahun 1999-2001 mengalami kenaikan sebesar 27.02%,sedangkan pada tahun 2002 mengalami penurunan yang drastis sebesar 34.04% kemudaian tahun 2003 mengalami kenaikan sebesar 48.64%,tahun 2004-2005 mengalami penurunan kembali sebesar 20.96% da akhirnya pada tahun 2006 mengalami kenaikan sebesar 38.67%
Biaya promosi memperlihatkan pekembangan dari tahun ke tahun secara fluktuasi,baik dilihart dari rupiah maupun presentasenya. Pada tahun 1999-2000 persentase penjualan mencapai 23.42%,sedangkan pada tahun 2000-2001 mengalami penurunan sampai dengan 11.66%.Selama tahun 2002-2003 mengalami kenaikan sebesar 11.83%.pada tahun 2004 mengalami penurunan 0.83%,tahun 2005-2006 mengalami kenaikan kembali sebesar 20.56%
2.Promosi yang dilakukan secara langsung kelapangan melalui metode angket yang diberikan ke 2000 konsumen diantarnya 1600 orang mengenal produk yang di pasarkan perusahaan rokok HF.Prima.Sehingga Promosi yang dilakukan lebih dari 50% dr yang diharpkan.Akan tetapi pengguna rokok yang dihasilkan dari data angket tersbut hanyalah 1200 orang dari konsumen yg menggunakan produknya.
3. Tenaga Kerja terhadap volume penjualan pada Pt.Air Mancur – Karanganyar,lebih intensif meningkatkan hasil penjualan perushaan dan diimbangi tenaga kerja yg profesional sehingga membuat kinerja perusahaan tersebut dalam melakukan kegiatan promosi menjadi maksimum yg dapat menekan pengluaran biaya promosi tapi tanpa mengurangi kinerja tenaga kerjanya.
Rekomendasi dan Implikasi
Dari Hasil analisis data mengenai Biaya pengaruh promosi yang dijadiakan sebagai landasan operasional dan pembahasan penelitian ini, dapat direkomendasikan sebagai rekomendasiModel kegiatan pemasaran melalui promosi terbukti sangat efektif untul meningkatkan penjualan produk kepada masyarakat,dengan biaya promosi yang cukup besar dan masyarakat dapat terlibat langsung baik dalam menentukan kebutuhan produk yang di butuhkanya
Implikasi
Implikasi dari temuan penelitian ini mencakup implikasi teoritis ,dari hasil yang dilakukan secara konsisten menunjukan bahwa Pengaruh biaya Promosi sangat meningkatkan kegiatan pemasaran suatu produk yang dapat memajukan atau sebagai suatu bahan untuk memboomingkan suatu produk yg dipasarkan sehingga konsumen mempunyai rasa ingin membeli.
Tugas ini diberiakan oleh: Bapak Prihantoro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar