BAB 3
Metodologi penelitian
Data dan sampel
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus yang didukung survei.Penentuan jumlah sampel dalam penelitain ini menggunakan rumus solvin. Penelitian ini dilakukan kepada 30 orang responden yang dijadikan sampel penelitian.Dengan jumlah minimal 30 orang ini, distribusi skors (nilai) akan lebih mendekati kurva normal.
Jeis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
a.Data primer yang diperoleh langsung dari wawancara dan daftar pertanyaan(questionaire)
b.Data sekunder diperoleh dengan mengumpulan data dari perusahaan PT.indofood sukses makmur
Tabel 1 Hasil ringkasan data yg diperoleh
Variabel dan indikator
Beberapa studi sebelumnya menunjukan bahwa semua instrumen variabel dalam penelitian ini adalah reliabel(konsisten)
Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis ini adalah analisis regresi linier berganda,dengan formulasi Y=a+b1X1+b2X2+b3X3+b4X4+e
Dimana:
Y = Kepuasan Pelanggan
X1 =Komitmen
X2 = Empati
X3 = Timbal balik
X4 =Kepercayaan
a =Kontanta
b1,…b4 = Koefisin regresi
e =Epsilon atau variabel yang tidak diteliti
Pengujian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara serempak terhadap variabel terikat dengan tingkat keyakinan 95%
H0 :b1,b2,b3,b4 = 0(pemasaran relasional yang terdiri dari : komitmen, empati,timbal balik, dan kepercayaan secara serempak tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan
Metode penelitian
Uji Heteroskedastisitas
Uji Heteroskedastisitas bertujuan menguji apakah dalam model regresi terjadi ketidaksamaan variance dan residual sati pengamatan ke pengamatan lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar