Me inspirasion

Me inspirasion

Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas Metode riset

PENGARUH SELERA DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MASAKAN PADANG TANAMO BEKASI

TEMA : Rumah Makan Tanamo,Bekasi

PENGARUH SELERA DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MASAKAN PADANG
TANAMO BEKASI




LATAR BELAKANG

Banyaknya rumah-rumah makan disekitar bekasi saat ini membuat para penjual-penjual rumah makan bersaing menciptakan inovasi baru dengan membawa ciri khas rumah makanya, hal tersebut dikarenakan adanya ide-ide kreatif dan inovasi-inovasi yang cemerlang sehingga
menciptakan keunggulan cita rasa yang kompetitif. Dengan ide-ide tersebut promosi rumah makan pun makin maju dan berkembang seiring waktu yang semakin modern. Dan promosi yang digunakan sekarang, lebih difokuskan pada selera konsumen dan kepuasan konsumen pada lingkungan tersebut. Hal ini seperti penataan tempat, fasilitas rumah makan, pelayanan yang ditawarkan. Walaupun pada dasarnya tujuan dari setiap rumah makan adalah untuk mencari keuntungan. Tetapi dari keuntungan.
Yang mana umumnya kebanyakan dari masyarakat bekasi ditandai dengan aktivitas yang tinggi. Hal ini ditandai dari sebagian mereka lebih banyak mengahabiskan waktunya di luar rumah hanya untuk mencari jenis makanan. Seperti dikalangan pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Yang mana mereka lebih menyukai jenis makanan yang mempunyai rasa enak dengan harga yang terjangkau.
Hal ini dapat disesuaikan dengan kelompok masyarakat dengan ekonomi yang cukup. Yang mana orang kita lebih menyukai banyak makanan dengan harga yang murah sesuai dengan keuangan mereka.
Bekasi merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali jenis usaha rumah makan k, salah satunya adalah Rumah makan tanamo yang berada di jl-ir-h juanda,pasar baru bekasi dengan promo serba murah mengundang selera konsumen untuk mencoba jenis makanan tersebut.Berhubung Rumah Makan Tanamo dekat dengan pasar yang hampir 24 jam aktifitas pedagang pasar tersebut membuat rumah-rumah makan disekitar nya ingin bersaing.Demikian juga dalam mengambil keputusan dengan berbagai alternative. Pemilik usaha dapat mempertimbangkan factor-faktor yang ada. Faktor tersebut diantaranya meliputi kualitas cita rasa dan kepuasan konsumen


Rumusan Masalah
1. Apakah pengaruh citar rasa terhadap rumah makan mempunyai dampak yang baik terhadap minat konsumen.
2. Apakah pengaruh harga yang ditawarkan mempunyai dampak yang baik terhadap minat konsumen
3. Apakah pengaruh kualitas makanan dan kepuasan konsumen secara bersamaan dapat memberi arti terhadap minat konsumen.

TUJUAN PENELITIAN
1. Menganalisis pengaruh kualitas terhadap minat konsumen
2. Menganalisis pengaruh cita rasa terhadap minat konsumen
3. menganalisis pengaruh Harga dan kepuasan konsumen secara bersamaan.

METODE PENELITIAN

1. Teknik Penarikan Sampel
Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode simple random sampling, yaitu teknik sampling dimana peneliti mempunyai pilihan pribadi dalam memilih individu yang akan menjadi anggota sampel.
2. Besaran Sampel
Besaran sampel merupakan banyaknya individu, subjek atau elemen dari populasi yang diambil sebagai sampel. Berikut ini rumus yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah
sampel minimal untuk sebuah penelitian
Rumus untuk mengetahui jika ukuran populasinya besar, artinya ukuran sample yang akan diperoleh besarnya kurang dari 5% populasi (Subyantoro dan Sulistiyono, 1998). Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:
n = Z² _ / 2_ ( 1 – _ )
€²
Nilai € terbesar jika € = _ (1 – _) adalah 0,5 (1 – 0,5) = 0,25
KUALITAS
PRODUK (X1)
KEPUASAN
KONSUMEN (X2)
LOYALITAS
PELANGGAN (Y)
Nilai level of significance pada confidence level 95% adalah 1% dan kemungkinan kesalahan sampel (sample error ) ditetapkan 10%, maka nilai n adalah:
n = Z² _ / 2_ ( 1 – _ )
€²
n = Z² _ / 2_ ( 0,25 )
€²
n = Z² _ / 2
4 €²
n = 1,96 ²
4 ( 0,10 )²
n = 96,04
Sehingga mengacu pada rumus di atas maka sampel minimal pada penelitian ini adalah 96 responden.
b. Besarnya sampel minimum untuk penelitian deskriptif adalah sebanyak 100 responden.
Berdasarkan pertimbangan rumus dan pendapat di atas, maka ditetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden.

HASIL
Dari pernyataan di atas kita harus mengetahui terlebih dahulu data yang kita perloleh. Sehingga tidak sembarang data kita masukan kedalam pembahasan ini. Agar menjadi pembanding dan dapat kita menggunakan rumus yang ada.

KESIMPULAN

1. Kualitas cita rasa akan mempunyai pengaruh positif jika data yang kita ambil sesuai dengan masakan yang kita hasilkan
2. Pelayanan konsumen akan mempunyai pengaruh postif jika data yang diperoleh sesuai dengan tanggapan pelanggan.
3. Kualitas Harga dan kepuasan pelanggan akan terjadi secara bersama jika ada suatu respon dari pelanggan



tugas ini diberikan oleh:Bapak prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar