Me inspirasion

Me inspirasion

Senin, 07 November 2011

Tugas Metode Riset

BAB IV

Hasil Penelitian

PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Mempunyai 63 perusahaan termasuk anak cabangnya dengan jaringan distribusinya meliputi lebih dari 350 depot dengan jumlah karyawan tetap sampai dengan 31

Desember 2006 sebanyak 49.367 karyawan tetap dan 1200 kendaraan operasional yang menjangkau lebih dari 150.000 pengecer tersebar di berba
gai pulau di

Indonesia.Kegiatan pemasaran memegang peranan sangat penting dalam menjual produknya kepada

masyarakat dengan cara (1) penjualan langsung, yaitu dilakukan dengan menggunakan armada penjualan sendiri yang beroprsi di DKI Jakarta, Jawa, Bali,Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, (2) penjualan tidak langsung, meliputi wilayah pemasaran di seluruh Indonesia. Dilakukan lewat distributor lalu pngecer dan grosir baru ke konsumen akhir, dan (3) lewat promosi, melalui media cetak maupun elektronik.

Data Biaya promosi, biaya distribusi dan penjualan.

Berikut ini dalam tabel 1 adalah rekapitulasi data biaya promosi, biaya distribusi dan penjualan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. dari tahun 1999 sampai tahun 2006.Untuk melihat perkembangan biaya promosi,dan biaya distribusi serta tingkat penjualan dari tahun 1999 sampai dengan 2006 dijelaskan melalui tabel dan grafik. Dengan menggunakan tabel maupun grafik dapat dilihat tingkat kenaikan atau penurunan dari biaya promosi, distribusi maupun penjualan.

Tabel 1

Data biaya promosi,biaya promosi dan biaya penjualan

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan pada biaya promosi

Tahun

Biaya Promosi

Biaya Distribusi

Biaya Penjualan

1999

778.732.212.854

31.218.213.642

26.095.269.390.905

2000

813.041.254.623

37.820.487.257

32.207.957.099.487

2001

952.199.276.787

47.423.413.960

35.964.719.807.126

2002

1.080.965.437.800

31.193.743.023

40.221.082.426.991

2003

1.128.611.024.731

49.543.288.948

43.566.445.215.300

2004

1.341.007.503.230

62.167.065.588

43.798.562.524.297

2005

1.417.244.691.144

75.736.572.811

45.142.264.552.651

2006

1.502.469.568.011

104.358.403.249

53.030.071.493.139

Total

9.014.270.969.180

439.461.188.478

320.026.372.509.896






Pada tabel 1 terlihat bahwa perkembangan

biaya promosi dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang berfluktuasi. Tahunb 1999 sampai tahun 2008 mengalami kenaikan 17.09%'




Kepuasan pelanggan merupakan sikap yang ditunjukkan oleh pemegang perusahan terhadap suatu produknya,dengan biaya promosi yang dikeluarkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sebagai trend


Tabel Penjelasan Responden Terhadap Variabel Kepuasan

Penjelasan responden tentang kepuasan setelah menjadi Pemegang Polis Pt.Indofod adalah 14,6 dari responden menjawab sangat baik,32,0% menjawab baik,dan 53,4% dari responden menjawab baik.Hal ini mengindikasikan Perusahan Pt.Indofood mampu memenuhi keinginan dan harapan pemegang polis dari pelayanan dan jenis-jenis produknya

Pengujian

Untuk menguji Pengaruh pemasaran relasional yang terdiri dari:komitmen,empati,timbal balik,dan kepercayan secara serempak terhadap kepuasan pelanggan PT.Indofood digungakan uji statistik F(uji F),Apabila nilai F hitung>nilai F tabel,maka H0 ditolak dan Ha diterima.Sebaliknya apabila nilai Fhitung

tabel,maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil uji secara serempak dapat dilihat pada tabel,berikut ini

Model Sum of squares DF Mean Square F SIG

1 Regression 218,110 4 54,527 63,966 ,000(a)

Residual 79,278 93 ,852

Total 297,388 97

A Predictors: (constant),komitmen,Empati,Timbal balik,Kepercayaan

Dari Tabel diatas diperoleh nilai Fhitung sebesar 63,966.Dengan menggunakan tingkat kepercayan (confidence interval)95% atau a = 0,05 maka dari tabel distribusi F diperoleh nilai 2,49. Dengan membandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel maka Fhitung (63,966) > Ftabel(2,49).Keputusannya adalah H0 ditolak, dan Ha diterima, artinya secara serempak variabel pemasaran relasional yang terdiri dari komitemen,empati,timbal balik, dan kepercayaan berpengaruh sangat nyata terhadap kepuasan pelanggan Pt.Indofood karena nilai Fhitung>nilai Ftabel

Dari nilai koefisien deternubasi diperoleh sebesar 73,3%,sedangkan sisanya sebesar 26,7% dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini

BAB V

Kesimpulan

Dari hasil Penelitian dan pembahasan ,maka ditarik kesimpulan sebagai berikut :secara serempak variabel komitmen, Empati,Timbal balik, dan Kepercayaan berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan pelanggan Pt.Indofood yang dipengaruhi biaya promosi sehingga dapat menarik minat pelanggan dan kepercayan terhadap suatu brand.



Tugas ini diberikan oleh bapak prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar