Me inspirasion

Me inspirasion

Rabu, 09 November 2011

Soft Skill Bab IV-VII

BAB1

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Memuaskan pelanggan adalah merupakan kunci sukses dalam melaksanakan bisnis. Berbagai tanggapan dari pelanggan perlu diterima sebagai masukan yang berharga bagi pengembangan dan penyusunan strategi perusahaan berikutnya. Oleh karena itu perusahaan dalam mencapai tujuannya tersebut utamanya bagi pemasar harus mengetahui apa yang diinginkan dan yang dibutuhkan oleh pelanggannya, dengan cara mempelajari bagaimana persepsi, preferensi dan prilaku pelanggannya. Namun tidak mudah bagi pemasar untuk mengenal watak dan prilaku dari pelanggannya, karena bisa jadi apa yang diungkapkan itu bertolak belakang dengan sebenarnya.

Untuk melihat prilaku konsumennya, pemasar harus dapat melihat dari penjualan sehari-hari di lapangan. Hal ini tidak terlepas pula dari perusahaan untuk terus melakukan riset terhadap konsumennya. Pemantauan tersebut bukan hanya di lihat sebelum pembelian yaitu faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen membeli produk (intern dan ekstern), namun juga memperhatikan bagaimana kesudahannya dalam pembelian tersebut sangat penting untuk terus dapat mempertahankan pelanggan.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan Latar Belakang tersebut, perumusan masalah dalam makalah ini menjelaskan tentang evaluasi alternatif sebelum pembelian Jasa wedding dan Event organizer

1.3 Batasan Masalah

Mengingat luasnya konflik permasalahan yang terjadi dalam mata kuliah Perilaku Konsumen,maka dalam penulisan makalah ini hanya akan dibatasi pada”Evaluasi Alternatif sebelum pembelian jasa wedding dan event organizer

1.4 Landasan Teori

Untuk lebih mengetahui prilaku masyarakat dalam pembelian barang dan jasa tersebut dibutuhkan studi tersendiri.Pendekatan –pendekatan yang selama ini banyak digunakan untuk menyingkap alternatif, faktor efisiensi dan minat mengasumsikan bahwa konsumen bersikap rasional dalam melakukan pembelian yang sejauh mana efektivitas strategi penetapan harga,promosi, tingkat kualitas pelayanan kepada konsumen yang dikarenakan sulitna konsumen untuk diprediksi.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Evaluasi Alternatif sebelum Pembelian

Kondisi layanan jasa dalam dunia bisnis di bidang wedding and event

organizer sangat berkembang pesat dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini.Gaya hidup masyarakat yang semakin modern menuntut segala kemudahan dan efisiensi dalam segala aktivitas mereka. Apalagi jika berhubungan dengan layanan jasa, masyarakat terutama yang berada di kota besar pasti akan lebih kritis menilai segala bentuk jasa atau produk yang ditawarkan kepada mereka.Untuk itu perusahaan jasa seperti wedding and event organizer perlu memperhatikan beberapa spek yang dapat menarik perhatian konsumen sehingga mereka tertarik

dan berminat untuk menggunakan jasa atau service yang ditawarkan Evaluasi Alternatif

2.2 Evaluasi Alternatif sebagai proses

Dalam membeli dan mengkonsumsi sesuatu terlebih dahulu konsumen membuat keputusan mengenai produk apa yang dibutuhkan, kapan,bagaimana dan dimana proses pembelian atau konsumsi itu akan terjadi.Dengan kata lain diperlukan suatu proses pengambilan keputusan untuk membeli sesuatu baik barang atau jasa.Pengambilan keputusan yang diambil oleh seseorang dapat disebut sebagai suatu pemecahan masalah.Dalam proses pengambilan keputusan, konsumen memiliki sasaran atau perilaku yang ingin dicapai atau dipuaskan selanjutnya konsumen membuat keputusan perilaku mana yang ingin dilakukan untuk mencapai sasaran tersebut

2.3 Aspek-aspek Evaluasi Alternatif sebagai pemecahan masalah

1. Pengenalan kebutuhan

Didefinisikan sebagai perbedaan atau ketidaksesuaian antara keadaan yang diinginkan dengan keadaan sebenarnya yang akan membangkitkan dan mengaktifkan proses keputusan

2. Pencarian informasi

Tahap selanjutnya adalah pencarian internal ke memori untuk menentukan solusi yang memungkinkan . Jika pemecahannya tidak diperoleh melalui pencarian internal, maka proses pencarian difokuskan pada stimuli eksternal yang relevan dalam menyelesaikan masalah (pencarian eksternal)

a. Sumber pribadi atau opini dari orang lain

b.Sumber bebas seperti kelompok konsumen dan badan pemerintah

c. Sumber pemasaran seperti karyawan penjualan dan iklan

d. Sumber pengalaman langsung seperti mencoba langsung produk

3. Evaluasi alternatif

Mengevaluai pilihan serta menyempitkan pilihan pada alternatif yang

diinginkan

4. Pembelian

Konsumen melakukan pembelian berdasarkan alternatif yang telah dipilih

5. Konsumsi

Konsumen melakukan pembelian berdasarkan alternatif yang telah dipilih

6. Evaluasi alternatif setelah pembelian

Konsumen mengevaluasi apakah alternatif yang dipilih memenuhi

kebutuhan dan harapan sesudah digunakan. Beberapa konsumen akan

mengalami keraguan atau kecemasan tentang keputusan pembeliann yang dikenal sebagai pertentangan pasca pembelian atau post purchase

Dari studi kasus yang diteliti melihat jumlah event yang ditangani Mahkota Wedding and Event organizer.

Dari bulan Januari sampai bulan Desember 2009 terlihat jumlah event yang ditangani Mahkota Wedding and Event Organizer sejumlah 110 event yangbulan ke 6 jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2010 dari bulan Januari sampai bulan Desember yang hanya menangani 85 event saja. Dalam menghadapi situasi ini, manajemen pengelola Mahkota Wedding and Event organizer harus mencari tahu mengapa hal ini bisa terjadi dan terus berusaha memberikan kepercayaan kepada konsumen agar konsumen tetap mau menggunakan layanan jasa mereka. Dari tabel, kita juga bisa melihat pada bulan – bulan tertentu seperti bulan Mei, Juni, dan Juli konsumen banyak yang mengadakan acara pernikahan atau wedding, bahkan di akhir tahun pun semakin banyak event yang ditangani. Hal ini dikarenakan memasuki masa liburan dan banyak konsumen yang berencana melaksanakan pesta pernikahan sebelum bulan puasa dan ada pula yang ingin melaksanakan pesta setelah Hari Raya Idul Fitri maupun Natal. Walaupun ada beberapa event wedding pada bulan Agustus sampai September, tetapi tidak seramai bulan – bulan sebelumnya atau sesudahnya karena pada bulan ini biasanya Mahkota juga melaksanakan Grand Wedding Expo yang diadakan rutin setiap tahun. Setelah itu baru pada bulan selanjutnya

diramaikan lagi dengan berbagai event wedding baik yang dilaksanakan secara international maupun traditional.Dalam menjalani bisnis wedding and event organizer, perusahaan harus paham dan cermat ada bulan – bulan efektif dimana banyak konsumen yang mau menyelengarakan pestanya untuk itu harus mengetahui cara yang tepat agar konsumen mau menyelenggarakan pestanya dengan menggunakan jasa Mahkota. Perusahaan juga harus memaklumi bahwa baik di kalangan masyarakat Chinese ataupun pribumi masih mempercayai adanya hari baik maupun bulan baik untuk menyelenggarakan sebuah acara, untuk itu Mahkota

tidak bisa memaksakan jadwal dan waktu yang tepat dalam melaksanakan event yang ingin diadakan oleh konsumen, hal inilah yang dapat dijadikan pemicu perusahaan dibidang jasa WO seperti Mahkota untuk lebih mengerti apa yang diinginkan konsumennya dan justru sebagai perusahaan jasa,hendaknya bisa memberi masukan kapan, bagaimana, dan seperti apa pesta atau perayaan yang tepat diselenggarakan oleh konsumen sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka.

Tabel 2.3.1Penentuan atribut dan indikator sebelum pembelian

No

Konstruk pengamatan

Dimensi Konstruk

Notasi

1

Harga(price)

Harga terjangkau oleh daya beli konsumen

X1

Perbandingan harga dengan kompetitor

X2

Kesesuaian harga dengan kualitas

X3

2

Promosi(promotion)

Kontak langsung dengan konsumen

X4

Kuantitas penyampaian pesan dalam iklan

X5

Kualitas penyampaian pesan dalam iklan

X6

3.

Reputasi perusahaan

(corporate reputation )

Kredibilitas

X7

Keandalan perusahaan

X8

Nama baik

X9

4.

Kualitas Pelayanan

(service quality )

Kemampuan untuk

melaksanakan jasa yang

dijanjikan oleh suatu

perusahaan

X10

Kemauan untuk membantu

pelanggan

X11

Pengetahuan dan kesopanan

X12

Kepedulian terhadap konsumen

X13

Penampilan fasilitas fisik

X14

5.

Keputusan Pembelian

(buying decision )

Berpikir lama dalam

memutuskan karena faktor

lingkungan

X15

Melakukan pertimbangan

dengan mengumpulkan data

atau informasi

X16

Cepat memutuskan

X17







BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Jadi, Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapat faktor –faktor pengambilan keputusan yang dipengaruhi lingkungan, pengaruh individu dan sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka.yang menjadi evaluasi alternatif sebelum pembelian yang didalamnya ada sumber daya konsumen dan pengetahuan yang mendorong terjadinya proses keputusan.

3.2 Daftar Pustaka

http://2FDyah_Ayu_Kusumawardani_C2A607052_Manajemen_Pemasaran%28r%29.pdf&ei=E4W6Tu-JK8nYrQfF2uSsBg&usg=AFQjCNHToiSAbSy1mLZIme48oB9Hi5hUWw&cad=rja

http://pipitajisaputri.wordpress.com/category/uncategorized/

http://rinton.blogdetik.com/studi-kasus-perilaku-konsumeni/

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1444/1/industri-sugih.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar